Sosialisasi Sengketa Proses, Syaifuddin Tekankan Penguatan Pemahaman Regulasi Untuk Jajaran Bawaslu Takalar

Takalar – Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tahapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu menjelang proses tahapan Pemilu tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Celebes Malino Kabupaten Gowa, Senin (14/2/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan dan jajaran Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan yang membidangi penyelesaian sengketa, dan sebagai peserta diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan, KPU Provinsi Sulawesi Selatan, KPU Kota Makassar, dan KPU Kabupaten Gowa.

Sementara narasumber dalam kegiatan ini adalah Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Azry Yusuf membahas terkait Prosedur dan Mekanisme Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, Dosen Fakultas Hukum UNHAS Zulkifli Aspan membahas terkait Mediasi dalam Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Asradi membahas terkait Kebijakan Umum Penyelesaian Sengketa, sementara terkait Fasilitasi Pelaksanaan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu dipaparkan oleh Jalaluddin selaku Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Asradi menuturkan “pentingnya sosialisasi ini kita laksanakan mengingat tidak lama lagi digelar tahapan Pemilu serentak tahun 2024, Jika mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 maka penyelenggaraan tahapan akan dimulai dua puluh bulan sebelum hari pemungutan dan penghitungan suara, sehingga jika menghitung dari sekarang maka jatuh pada bulan Mei atau Juni tahun 2022.” Tuturnya.

Selanjutnya itu, Arumahi selaku Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutannya menyampaikan “kegiatan ini sebagai bentuk penyegaran dan penguatan kembali terkait penanganan penyelesaian sengketa Bawaslu Kab/Kota di Sulsel. Kami berharap Bawaslu Kabupaten/Kota tidak berhenti meningkatkan kapasitas terkait tata cara pelaksanaan penyelesaian sengketa proses Pemilu.

Sisi kiri bagian depan, Syaifuddin Koordinator Penyelesaian Sengketa Bawaslu Takalar, yang mengikuti kegiatan Sosialisasi Tahapan Pelaksanaan Penyelesaian Sengketa Proses, di Malino Kab. Gowa (14/02/2022)

Sementara Kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Takalar, Syaifuddin usai mengikuti kegiatan tersebut mengungkapkan

“Kegiatan ini menjadi penting karena kita akan masuki penyelenggaraan tahapan Pemilu serentak Tahun 2024, olehnya itu untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terdapat permohonan penyelesaian sengketa proses, maka diperlukan pemahaman regulasi secara menyeluruh untuk jajaran pengawas pemilu.”

Lanjutnya, “Selain itu, fasilitasi pelaksanaan penyelesaian sengketa didukung oleh Jajaran Sekretariat, olehnya itu diperlukan penguatan secara internal kelembagaan.” Tutupnya.

(Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*