Ikuti Sosialisasi Tatacara Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Takalar : Perlunya Aturan Sengketa Sesuai Protocol Covid-19

TakalarNews.id. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rahmat Bagja selaku Koordinator Divisi penyelesaian sengketa Bawaslu RI, pada Kegiatan rapat kerja teknis sosialisasi tata cara penyelesaian sengketa pemilihan sesuai perbawaslu 2 tahun 2020, Selasa (9/6/2020).

Menurut Rahmat, Bawaslu akan merancang perbawaslu dengan mempertimbangkan protab kesehatan pandemi covid-19.

“Kedepannya akan ada perbawaslu tentang pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pandemi covid 19, yang akan memperkenalkan sidang melalui video conference, sehingga pembacaan permohonan pemohon, jawaban termohon semuanya dapat melalui video conference,” ungkap Rahmat Bagja.

Menurut Rahmat, Hal ini sudah bisa dilaksanakan karena sudah ada surat edaran penyelesaian sengketa Pandemi covid 19 yang secara filosofis, sosiologis dan yuridis telah diterima.

“Kedepan kita akan tunggu video simulasi ataupun tutorial, yang saat ini sedang dalam proses pembuatan, mengingat kemungkinan tahapan akan dibuka pada tanggal 15 juni. Kita berharap desember tahun 2020 atau kapanpun kita telah siap melaksanakan penyelesaian sengketa,” tambahnya.

Sementara itu Syaifuddin selaku Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kab. Takalar mrmberikan tanggapan tentang hal tersebut.

“Penting bagi Bawaslu untuk menerbitkan Peraturan Bawaslu Pengawasan Pilkada, Penanganan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa proses pada pilkada mendatang, dengan menyesuaikan situasi pandemi covid-19 yang belum pasti kapan akan berakhir,” ungkapnya Syaifuddin usai mengikuti Kegiatan.

(Ichal)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*